Xabi Alonso Putuskan Gantung Sepatu Pada Akhir Musim

agen sbobetXabi Alonso bakal mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola profesional setelah musim ini berakhir. Di akhir muusim nanti, pemain asal Spanyol itu memutuskan untuk pensiun.

Spekulasi terkait kelanjutan karier pemain berusia 35 tahun itu sudah lama menjadi bahan perbincangan menyusul kontraknya akan segera berakhir pada musim panas tahun depan. Hingga memasuki paruh kedua musim ini, belum ada singnal yang menunjukkan bahwa Alonso akan memperbaharui kontraknya bersama Bayern Munich.

Ternyata Alonso sendiri telah merencanakan untuk mengakhiri perjalanan kariernya di dunia sepakbola. Dengan umur yang sudah tidak muda lagi, Alonso menyebutkan itu adalah momen yang tepat bagi dirinya untuk memutuskan gantung sepatu.

“Ini adalah sebuah keputusan yang sangat sulit, namun saya pikir inilah saat yang tepat untuk mengambil keputusan. Saya kira lebih cepat gantung sepatu maka itu akan lebih baik. Saya merasa masih kuat untuk bermain, namun saya pikir ini adalah momen yang tepat,” kata Alonso di stasiun tv resmi FC Bayern.

“Saya ingin pensiun dari pekerjaan saya di tahap tertinggi, dan The Bavarians saat ini berada di level terbaiknya. Saya merasa sangat bangga dan senang membela Bayern Munich serta menjadi salah satu bagian dari klub ini,” lanjutnya dikutip agen sbobet 365liga.

Alonso memulai perjalanan kariernya bersama klub Real Sociedad dari tahun 2000 hingga 2004. Setelah itu Alonso memutuskan untuk pindah ke Liverpool, bersama The Reds kariernya pun mulai bersinar.

Di musim perdananya, Alonso berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions serta membuat satu gol saat melawan AC Milan di laga final sekaligus penyama kedudukan 3-3 setelah The Reds sempat tertinggal 0-3.

Lima musim mengenakan kostum Liverpool, Alonso lalu kembali ke Spanyol dan bermain untuk Real Madrid. Bersama Los Blancos, Alonso bertahan selama enam musim dan membawa klub ibukota Spanyol itu memenangi berbagai gelar juara di ajang domestik maupun kompetisi Eropa.

Sejak tahun 2014, Alonso kemudian melanjutkan kariernya di salah satu klub raksasa Bundesliga, Bayern Munich. Bersama klub tersebut, Alonso sukses meraih dua titel juara Bundesliga serta dua trofi DFB-Pokal. Sejauh ini Alonso sudah tampil sebanyak 690 kali dan membukukan 44 gol selama bermain di berbagai klub.

Sementara di tim nasional Spanyol, Alonso merupakan salah satu pemain generasi emas skuat La Furia Roja dengan mengangkat dua trofi Piala Eropa serta satu kali tampil sebagai juara di turnamen Piala Dunia. Bersama tim nasional Alonso telah tampil sebanyak 114 kali dan membuat 16 gol.