Wales Tidak Hanya Gareth Bale

365LIGA GARETH BALE

Pemain sepakbola yang memiliki nama lengkap Gareth Bale tersebut menyebut bahwa timnas Wales tak hanya bergantung kepada dirinya seorang. Bale juga sempat menilai kesuksesan tim nasional Wales menembus ke babak final ajang kompetisi Piala Eropa musim ini tidak lepas dari kerjasama rekan-rekan satu timnya.

Nada miring mengenai ketergantungan timnas Wales terhadap sang pemain tidak lepas dari penampilan minor sejak kesuksesan lolos dari babak kualifikasi. Tanpa pemain sepakbola yang kini berusia 26 tahun itu, Wales hanya berhasil meraih satu angka dalam tiga pertandingan persahabatan.

Hal itu lantas menimbulkan spekulasi bahwa tim nasional Wales sangat bergantung kepada Bale. Terlebih, sang pemain berhasil mempersembahkan tujuh dari sebelas gol klubnya dalam babak kualifikasi ajang kompetisi Piala Eropa musim 2016 ini.

Dalam laga persahabatan terbaru melawan timnas Swedia pada tanggal 5 Juni 2016 yang lalu, Bale kembali tampil bermain memperkuat Wales. Tampil sejak menit 65, pemain andalan Real Madrid tersebut gagal mengangkat penampilan klub dan terpaksa harus mengakui keunggulan tim lawan dengan skor 3-0.

“Klub ini tidak hanya memiliki satu pemain. Ketika sebuah pertandingan dimulai, kami memiliki 11 pemain di dalam lapangan hijau. Kerjasama adalah hal yang paling penting bagi sebuah tim sepakbola,” ujar Bale memberikan komentarnya, sesuai laporan dari sejumlah media setempat.

“Bagi kami, kerjasama antara rekan-rekan satu tim adalah segalanya. Jika sebuah tim tidak mampu bekerjasama, maka saya bisa mengatakan bahwa tim tersebut tidak bakal berhasil,” lanjutnya kemudian.

Menjalani turnamen internasional perdana Wales sejak ajang kompetisi Piala Dunia musim 1958, sang pemain mengaku bahwa dirinya tidak memiliki tekanan. Bale justru berhasrat untuk menikmati momen kesuksesan tersebut dengan santai.

“Ketika saya tampil bermain dalam sebuah pertandingan, saya hanya ingin menikmatinya. Saya selalu ingin bermain sepakbola,” ujar eks andalan Tottenham Hotspur tersebut.

“Tim nasional Wales kini sudah seperti sebuah keluarga, saudara-saudara, teman-teman yang sering bercanda dan bermain bersama. Akan tetapi, di saat kami harus serius, maka kami bakal berjuang bersama-sama hingga menit terakhir,” tambahnya lagi.

Dalam babak final ajang kompetisi Piala Eropa musim ini, tim nasional Wales bergabung dalam Grup B. Di grup tersebut juga terdapat Slovakia, Rusia, dan Inggris. Slovakia akan menjadi rival pertama timnas Wales pada tanggal 11 Juni 2016 yang mendatang.