Tiga Tantangan Besar Guardiola Bersama The Citizens

365LIGA JOSEP GUARDIOLA

TARUHAN BOLA – Penutupan yang sempurna di hari terakhir bursa transfer musim dingin januari 2016 di Premier League. Di tengah kelesuanya transaksi pemain pada skuad The Citizens, mereka justru langsung mengamankan sosok rekrutannya yang paling penting sepanjang sejarah, yakni Pep Guardiola. Bisa apakah manajer gundul tersebut di Etihad Stadium?

Figur pelatih asal Spanyol tersebut saja telah menjanjikan kualitas pemainnya. Tambahkan sejumlah faktor dukungan dari pihak manajemen klub, dengan sokongan dana yang nyaris tidak ada batas, hingga materi dalam skuad, serta infrastuktur di kelas wahid, dan masa depan The Citizens untuk naik ke level menjadi tim raksasa dunia yang semakin cerah.

Akan tetapi, pelatih berusia 45 tahun tersebut juga menyadari dirinya akan menghadapi sejumlah tantangan yang sangat berat dan berbeda pada kasta tertinggi Inggris tersebut.

“Aku telah berusia 45 tahun, serta hal inilah waktu yang tepat untuk bisa memanfaatkan peluang sebagai pelatih di Premier League.” ungkap Guardiola pada beberapa pekan nan lalu kepada media-media Jerman.

Ketika berbekal nama besar, serta dengan rentetan gelar nan tidak cukup untuk bisa menjadi garansi, pria kebangsaan Spanyol tersebut juga wajib untuk mengatasi berbagai kendalanya nan berpotensi untuk menghambatkan kesuksesan bersama skuad The Citizens.

Sepanjang karier sebagai seorang pelatih sepak bola, Pep Guardiola telah meraih total 19 gelar. Dari jumlah koleksi gelar pria berusia 45 tahun ini dalam waktu delapan tahun ini telah melebihi catatan trofi Manchester City dalam 136 musim klub tersebut berdiri.

Hal itu bakal membuktikan sosok pelatih asal Spanyol ini sebagai jaminan untuk raih trofi. Akan tetapi, dengan kondisi yang akan berkarier di Premier League pada musim depan mendatang. Tantangan baru Pep adalah karakter Liga Inggris nan lebih kompetitif ketimbang dengan Liga Jerman atau Liga Spanyol. Pelatih berusia 45 tahun terebut memang telah meraih sejumlah trofi, tetapi hal tersebut di dalam Liga Jerman, beda dengan Liga Inggris, kompetisi Premier League adalah liga yang paling beda dengan liga-liga Eropa yang lain.