Teka-Teki Asisten Manajer Zinedine Zidane

365LIGA ZINEDINE ZIDANE

Sosok asisten arsitek pihak klub Real Madrid kini masih banyak dipertanyakan. Hal ini dapat menimbulkan masalah jika Zinedine Zidane sebagai pelatih klub diusir oleh wasit ketika berada di dalam sebuah laga.

Kekosongan posisi asisten tampak dalam laporan dari wasit ketika pihak Los Blancos ditahan imbang oleh Real Betis pada laga lanjutan ajang kompetisi La Liga yang berlangsung di Benito Villamarin tanggal 24 Januari yang lalu. Menurut media berita setempat, Luis Llopis mencantumkan tanda tangan dalam kotak asisten manajer.

Pada situs resmi milik klub, posisi asisten saat ini ditangani David Bettoni. Akan tetapi, Bettoni masih belum mendapatkan lisensi dari UEFA Pro, jadi Llopis ditugaskan untuk menandatangani. Sebenarnya Llopis merupakan seorang pelatih yang mengajari posisi penjaga gawang.

Jika mengacu pada peraturan Federasi Sepabkola Spanyol, Bettoni dikabarkan memang tidak dibolehkan terdaftar sebagai asisten manajer atau memberikan arahan di tepi lapangan hijau.

Ia juga sempat disorot lantaran melakukan pelanggaran dalam pertandingan melawan pihak klub Deportivo La Coruna yang berlangsung tanggal 9 Januari yang lalu serta laga kontra Sporting Gijon pada tanggal 17 Januari lalu.

Mengenai status Bettoni, pihak Los Merengues pun memberikan klarifikasi,” Seperti yang disampaikan pada sesi perkenalan menjabat posisi pelatih baru, manajer Zidane tidak mempunyai asisten”.

Pernyataan itu pun menimbulkan berbagai pertanyaan, seperti siapa yang bakal mengambil komando ketika manajer Zidane diusir oleh wasit ke bangku penonton?

“Soal pertanyaan tersebut, saya bakal memberikan jawaban bahwa saya tidak bakal diusir keluar oleh wasit. Jika hal itu terjadi, kami masih memiliki Chendo. Ia memiliki kualifikasi untuk menggantikan saya,” ujar manajer Zidane memberikan komentar ketika dimintai keterangan sebelum laga kontra Gijon.

Miguel Porlan Noguera adalah Chendo yang dimaksudkan. Ia memiliki status selaku matchday delegate.

Namun, Chendo tidak dibolehkan mengambil tugas lain selama laga berlangsung. Oleh sebab itu, sebutan asisten manajer diambil alih oleh Llopis yang kabarnya mempunyai Lisensi dari UEFA Pro.