Takluk Italia, Irlandia Berhasil Lolos ke Perdelapan Final

365ligaiceland

BERITA BOLA PIALA EROPA 2016 – Timnas Italia dengan mengejutkan harus menelan kekalahan dari timnas Republik Irlandia dengan skor 0-1 dalam laga pamungkas fase grup Piala Eropa Perancis 2016, di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, pada 23 Juni 2016, hari kamis. Bagi Irlandia, keberhasilan ini bakal menjadi tiket untuk lolos ke dalam babak perdelapan final Piala Eropa. Sementara itu, skuad Gli Azzurri tetap lolos ke babak berikutnya dengan menjuarai grup E.

Seusai memastikan dapat tiket ke babak perdelapan final Piala Eropa 2016, Antonio Conte, pelatih timnas Italia, langsung merotasi pasukannya. Salah satu pesepak bola andalan nan tidak diturunkan ketika melawan Irlandia, yaitu Gianluigi Buffon, yang merupakan kapten Italia. Sang pelatih menurunkan pemain pelapis na kedua di antara kiper Simone Zaza, Ciro Immobile, dan Salvatore Sirigu.

Selain itu, mereka juga bisa lebih superior apabila mengacu catatan dari kedua tim. Dalam 14 kali pertemuan, Italia sukses meraih 8 kali kemenangan, sementara bagi Irlandia hanya mampu mengecapkan 3 kali kemenangan.

Tanpa sejumlah pemain andalan, skuad asuhan Conte seperti tidak bertaji. Betapa tak, mereka cuma mampu melepaskan 2 kali tendangan dalam 60 menit pertama. Untuk mengatasi kebuntuannya, sang pelatih menurunkan Lorenzo Insigne agar bisa meningkatkan agresivitas serangannya.

Bukannya unggul, pelatih berusia 46 tahun tersebut malah harus melihat pasukannya menerima serangan bertubi-tubi, serta kebobolan di menit nan ke-85. Robert Brady nan sukses membawa timnya unggul seusai sundulannya tidak mampu diantisipasi oleh kiper Italia, Sirigu. Gol pemain berusia 24 tahun tersebut pun langsung menjadi penentu kemenangannya Irlandia, sekaligus juga menghentikan hasil clean sheet Gli Azzurri.

Mereka pun berhak untuk lolos dalam salah satunya posisi ketiga terbaik dengan menggeserkan posisi timnas Turki dengan raihan poin 3. Irlandia mengumpulkan poin 4. Sementara itu, pasukan Conte tetap menjuarai Grup E dengan total raihan 6 poin.

Pada laga berikutnya, Republik Irlandia bakal melawan dengan tim tuan rumah, yakni timnas Perancis. Kemudian itu, kiper andalan Juventus dan rekan-rekan setimnya bakal menghadapi lawan yang berat, yaitu timnas Spanyol, nan merupakan tim juara bertahan Piala Eropa periode 2012 lalu.