Spanyol Siap Hadapi Timnas Italia di Perdelapan Final

365ligaspanyo;

PREDIKSI PIALA EROPA 2016 – Kegagalan yang menyegel posisi utama dalam Grup D Euro Cup 2016 membuat tim nasional Spanyol harus bertemu dengan tim besar sekelas timnas Italia dalam babak perdelapan final Piala Eropa. Akan tetapi, Vicente Del Bosque, pelatih timnas Spanyol, mengakui skuad La Furia Roja siap menghadapi timnas Italia dan tim yang mana pun.

Skuad La Furia Roja secara mengejutkan harus menelan kekalahan dari timnas Kroasia dengan skor 1-2, dalam laga pamungkas fase grup Piala Eropa Perancis 2016 yang berlangsung di Bordeaux, Stadion Matmut-Atlantique, pada 22 Juni 2016, hari selasa.

Andres Iniesta dan rekan-rekan setimnya sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu melewati aksi gol dari Alvaro Morata ketika pertandingan baru berjalan sekitar enam menit. Namun itu, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan serta membalikkan keadaan melalui aksi gol dari Nikola Kalinic pada menit yang ke-45, serta Ivan Perisic pada menit yang ke-87.

Kekalahan ini langsung juga diwarnai oleh kegagalan drama titik putih dari sang kapten, yaitu Sergio Ramos. Tembakan titik putih pemain asal klub Real Madrid itu sukses diantisipasi oleh penjaga gawang Kroasia, yaitu Danijel Subasic.

“Para pesepak bola kami duduk terdiam. Karena mereka tidak menikmati hasil kekalahan ini. Aku tak memberikan pembelaan kepada penampilan tim saat ini, namun aku merasa kami bakal bisa bermain dengan peforma terbaik ketika menghadapi timnas Italia.” Ungkap pelatih Del Bosque setelah pertandingan.

Kekalahan dari timnas Kroasia ini juga membuat pasukan Del Bosque terpaksa mengakhiri babak fase grup pada peringkat kedua klasemen akhir Grup D atau sebagai tim runner-up. Mereka mengoleksi poin enam dari tiga kali laga, atau tertinggal poin satu dari Kroasia nan berhasil menjuarai babak fase grup D ini. Kendati demikian, Spanyol nan merupakan tim runner-up bakal berhadapan dengan pasukan Antonio Conte nan notabene merupakan juara dalam grup E.

“Para pemain kami cuma kehilangan konsentrasi dalam masa terakhir pertandingan. Aku tidak mempunyai keluhan soal para pemain kami. Lagipula, kami juga masih memiliki waktu untuk bisa menganalisis pertandingan ketika melawan dengan Italia.” Kata pelatih asal Spanyol itu.

“Kami bakal mencoba untuk memulihkan keadaan kami sehingga bisa dengan cepat mencapai kondisi yang terbaik dalam laga yang akan datang nanti. Ketika ini, kami tak tampil buruk, namun ini merupakan sebuah hasil, serta kami juga perlu mempersiap diri untuk pertandingan melawan Italia nanti.” Sambung sang pelatih.

Sepanjang sejarah sepakb bola, Italia dan Spanyol telah bertemu hingga lima kali dalam kancah turnamen antar klub Eropa. Dari lima kali pertemuan itu, skuad La Furia Roja berhasil meraih dua kali kemenangan dan imbang dua kali, serta cuma menelan satu kali kekalahan.

Pertandingan nan paling berkesan dalam liga laga itu adalah pada babak final Euro Cup 2012 lalu. Saat itu, mereka tampil dengan sangat perkasa dan meraih kemenangan telak 4-0 atas Italia.

Sementara itu, pada perjumpaan terakhir dari kedua negara itu terjadinya pada bulan Maret 2016, yaitu pada pertandingan persahabatan di Udinese, Stadion Friulu, nan berakhir dengan hasil imbang 1-1.