Rooney Tidak Pikirkan Memori Pahit pada L’enfer Vert

365ligainggris

JADWAL BOLA PIALA EROPA PERANCIS 2016 – Tim nasional bakal menjalani pertandingan pamungkas dalam babak fase grup D Piala Eropa Perancis 2016 ini dengan melawan timnas Slowakia, di Saint Etienne, Geoffroy Guchard Stadium, pada 21 Juni 2016, hari selasa. Bagi para suporter sejati skuad The Three Lions, Stadion Geoffroy Guichard bukanlah tempat nan asing. Stadion yang bermuatan 42.000 penonton tersebut adalah markas besar salah satu klub Liga Perancis, yaitu Saint Etienne.

Geoffroy Guichard memiliki julukan nan sangat menyeramkan bagi tim lawan, yaitu “L’enfer Vert alias Neraka Hijau”. Sebutan tersebut diberikan sebagai representasinya dari puluhan ribu penonton Saint Etienne nan tetap setia untuk memadati arena itu dengan kostum berwarna hijau, nan bermaksud dengan warna kebesaran klubnya.

Akan tetapi, relasi timnas Inggris dengan stadion itu bukan mengenai kiprahnya Saint Etienne. Stadion tersebut adalah tempat di mana mantan jagoan dan legenda timnas Inggris, yakni David Beckham, mendapatkan kartu merah ketika melawan dengan timnas Argentina dalam babak perdelapan final Piala Dunia tahun 1998 lalu.

Sang legenda diusir oleh wasit lantaran menendang salah satu gelandang Tim Tango nan kini menjadi pelatih raksasa Spanyol, Atletico Madrid, yaitu pelatih Diego Simeone. Kemudian itu, Inggris pun langsung tersingkir dalam babak tersebut ketika menjalani babak adu penalti.

Ketika memori pahit itu dicetuskan kembali, Wayne Rooney, kapten timnas Inggris, mengakui tidak memikirkan potensi soal musibah nan serupa akan terulang ketika mereka kembali bermain di Guichard berselang 18 tahun.

“Aku ingat laga tersebut dan aku menonton di rumah nenekku. Tentu saja kejadiannya berakhir dengan hasil kekecewaan, namun aku sama sekali tak memikirkan saat ini.” Ungkap Rooney.

Trauma akan ditepis oleh Inggris lantaran tekanan antara pertandingan kontra Argentina selang 18 tahun, serta melawan dengan Slowakia ini kali jelas sudah berbeda. Mereka cuma membutuhkan skor hasil imbang saat hadapi Slowakia untuk memastikan lolos ke dalam babak perdelapan final Piala Eropa Perancis 2016.

“Kelolosan ke dalam babak selanjutnya kini ada di tangan Inggris. Kami hadir di Piala Eropa Perancis untuk menjalankan laga yang terbaik. Semoga kami akan bisa mencapai hasil dan fase terakhir dalam turnamen Piala Eropa Perancis 2016 ini.” Ungkap kapten timnas Inggris berusia 30 tahun itu.