Rahasia Solidnya Performa Petr Cech

365LIGA PETR CECH

Kiper andalan milik pihak klub Arsenal, yakni Petr Cech sukses membukukan rekor ketika klubnya mengalahkan klub Bournemouth di pertandingan terakhir ajang kompetisi Premier League musim 2015. Di pertandingan itu, Cech sukses tidak kebobolan serta menjadi kiper yang bisa menjaga 170 laga tanpa kebobolan gol.

Usai mendapatkan pujian dari sejumlah pihak, Cech juga sempat membeberkan rahasia keberhasilannya. Cech mengatakan bahwa ia menguasai empat bahasa. Hal tersebut sangat penting sebab pihak klub Arsenal terdapat 4 kewarganegaraan berbeda sehingga dirinya mampu berkomunikasi dengan baik.

“Jika berbicara dengan Nacho Monreal dan Hector Bellerin, saya menggunakan bahasa Spanyol. Saya menggunakan bahasa Prancis ketika berbicara dengan Laurent Koscielny. Dan saya juga bisa bahasa Inggris, itu saya gunakan ketika berbicara dengan Per Mertesacker,” ujar Cech menjelaskan kepada media berita setempat.

Cech menguasai beberapa bahasa itu lantaran dirinya sering mengalami kesulitan dalam menangkap maksud rekan non-Inggrisnya yang sulit berbahasa Inggris. Hasilnya miskomunikasi sering terjadi dan hal tersebut juga bakal merugikan klub.

“Terkadang pesepakbola asing bakal membuat Anda keliru dengan kata-kata yang mereka ucapkan. Hal itu juga yang membuat saya sadar bahwa mempelajari bahasa mereka merupakan solusi yang paling baik. Dengan menguasai bahasa mereka, maka saya mampu berkomunikasi dengan baik,” tuntas eks kiper Chelsea itu.