Peruzzi : Italia Masih Membutuhkan Buffon

365LIGA GIANLUIGI BUFFON

Penjaga gawang legendaris Italia yang memiliki nama lengkap Angelo Peruzzi tersebut menilai bahwa Gianluigi Buffon memang masih sangat dibutuhkan dalam ajang kompetisi Piala Eropa musim ini dan juga Piala Dunia musim 2018 yang mendatang di Rusia. Pengalaman yang dimiliki Buffon dinilai bisa menentukan kiprah tim nasional Italia dalam dua kompetisi kelas dunia tersebut.

Kiper yang dimiliki pihak klub Juventus itu sudah tampil bermain bersama tim nasional Italia sejak tahun 1997 yang lalu. Pada saat itu, Buffon hanya berumur 19 tahun dan masuk dengan menggantikan posisi Gianluca Pagliuca pada tanggal 29 Oktober 1997 silam di laga leg pertama ajang kualifikasi World Cup 1998 melawan tim nasional Rusia yang berlangsung di Moskow.

Sesuai laporan yang diberikan, sebelum membela tim senior, sang pemain telah mengumpulkan banyak pengalaman di tingkat kelompok umur. Penjaga gawang yang saat ini berumur 38 tahun tersebut kabarnya tak pernah absen bermain sejak memperkuat U-16 Italia hingga tim U-23 Italia.

Buffon yang pernah memperkuat pihak klub Parma tersebut telah bermain membela Gli Azzurri sejak berusia 19 tahun dan dirinya berhasil mengumpulkan 158 caps. Sampai saat ini, posisi Buffon di bawah gawang tim nasional Italia masih belum tergantikan. Bahkan, Peruzzi sempat berstatus sebagai pelapis Buffon.

“Menurut saya, posisi kiper bakal terus menjadi milik Buffon hingga dirinya sudah tak mampu bermain sepakbola lagi. Saya mengatakan itu bukan lantaran kiper lainnya tidak berkualitas. Akan tetapi, Buffon memang merupakan kiper yang sangat luar biasa. Ia sudah memiliki banyak pengalaman soal kiper, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi,” ucap Peruzzi memberikan komentar kepada salah satu media berita setempat.

Menatap ajang kompetisi Piala Eropa musim ini dan juga World Cup 2018 mendatang, empat nama kiper Italia disebut-sebut bakal masuk ke dalam daftar calon pelapis Buffon pada bulan Juni nanti. Kiper-kiper yang dimaksud yaitu, seperti Mattia Perin, Calvatore Sirigu, Gianluigi Donnarumma, dan juga Vederico Marchetti. Akan tetapi, nama Mattia Perin tersisihkan lantaran dirinya mengalami luka cedera ketika memperkuat pihak klub Genoa menjalani pertandingan.

“Memang masih terdapat banyak kiper yang bagus, namun saya pikir bahwa saat ini terlalu cepat untuk membahas soal pemain. Mengapa saya berkata seperti itu? Karena hingga kini tim nasional Italia masih memiliki Buffon. Menurut saya sendiri, Buffon bakal terus memperkuat Italia hingga dirinya sudah tidak lagi mampu bermain sepakbola,” tuntas Peruzzi.