Mourinho Bandingkan Liga Inggris dengan Liga Spanyol

365LIGA JOSE MOURINHO

Arsitek yang belakangan ini resmi menangani pihak klub Manchester United, yakni Jose Mourinho, kabarnya mencoba untuk membandingkan level ajang kompetisi Premier League dengan ajang La Liga. Pelatih sepakbola yang kerap disapa dengan Mou tersebut menyatakan bahwa Liga Inggris memang lebih kompetitif jika dibandingkan dengan Liga Spanyol, mengingat terdapat sekitar lima klub yang berpeluang untuk meraih gelar juara pada setiap tahun.

Bandingkan dengan Liga Spanyol yang hanya dikuasai oleh pihak klub Real Madrid, Barcelona, dan juga Atletico Madrid. Terlebih, saat manajer Mourinho menangani Madrid, klub yang bermarkas di stadion Camp Nou itu yang mampu memberikan perlawanan. Sebab, pihak klub Atletico dilaporkan masih belum sekuat sekarang ini.

Dalam 4 tahun terakhir, Liga Spanyol hanya didominasi oleh Madrid, Barca, serta Atletico. Sementara dalam waktu empat tahun di ajang kompetisi Premier League, klub yang meraih gelar juara selalu saja berganti. Di musim kompetisi 2012-2013, United yang berhasil menjuarai Premier League, Manchester City meraih di musim kompetisi 2013-2014, Chelsea 2014-2015, dan ajang kompetisi Premier League musim 2015-2016 sukses diraih oleh Leicester City.

Contoh-contoh tersebut sudah menunjukkan betapa kompetitif antarklub di Liga Inggris. Level persaingan ketat yang membuat pelatih sepakbola asal Portugal tersebut tertarik untuk kembali melatih tim sepakbola Inggris. Sebelumnya, manajer Mourinho juga sempat menangani pihak klub Chelsea di musim kompetisi 2013-2015.

“Di Spanyol, saya sempat berada di sana selama tiga musim. Ajang kompetisi La Liga kemarin hanya diperebutkan oleh dua klub, yang tentunya adalah Real Madrid dan Barcelona. Akan tetapi di Liga Inggris, saya hanya fokus kepada City, dan City justru melakukan hal sebaliknya. Soalnya, klub lain yang berhasil meraih gelar juara. Sekarang saya melatih United dan saya berharap bisa membawa klub ini bersaing untuk meraih trofi musim depan,” ujar manajer Mourinho memberikan komentar, sesuai laporan dari media-media setempat pada tanggal 1 Juni 2016.