Messi: Permainan Barca Saat Ini Lebih Agresif

agen bola terpercayaDikenal dengan gaya permainan yang memiliki ciri khas, skuat Barcelona versi saat ini dinilai punya satu kelebihan. Lionel Messi menilai Barca di bawah besutan Luis Enrique berubah menjadi lebih agresif.

Barca memang selalu punya gaya permainan dengan ciri khas tersendiri, yakni bermain dengan melepaskan umpan-umpan dari jarak dekat dan ruang gerak para pemain yang tidak hanya terbatas di satu posisi saja. Blaugran bahkan cenderung memperlihatkan gaya menyerang mereka dengan melakukan tekanan melalui peguasaan bola.

Di era kepelatihan Pep Guardiola di musim 2008-2012, skuat Barcelona mencapai level tertingginya di dunia sepakbola. Barca sukses menjadi sebuah tim yang mendominasi setiap kompetisi baik di liga domestik maupun di kancah Eropa. Dan yang lebih mengesankan lagi dalam kurun waktu empat musim tersebut Barca tercatat telah memenangkan 14 titel juara di berbagai ajang.

Barca yang ditangani Guardiola saat itu sempat mepopulerkan kembali teknik permainan dengan peran nomor sembilan bayangan, sekaligus menerapkan strategi permainan dengan barisan pertahanan yang solid dan peran kiper juga sangat aktif dalam sebuah laga. Namun, ada satu hal yang dinilai menjadi kekurangan Barca di masa itu, yakni mereka selalu memulai permainan secara perlahan-lahan dari sektor pertahanan dan membuat celah dengan menyuplai bola ke berbagai sisi lapangan.

Setelah beberapa musim berlalu, posisi Guardiola pun digantikan oleh Luis Enrique yang sekaligus membawa penyegaran. Sejak di bawah kepelatihan Enrique, Barca tidak hanya mempertontokan gaya permainan khasnya, yakni tiki-taka, namun skuat Barca dibuat menjadi lebih agresif. Bersama Enrique, Barca bahkan tidak segan-segan melakukan counter attack, di mana hal tersebut jarang sekali terlihat di masa kepemimpinan Guardiola.

“Berbicara sesuai fakta, gaya permainan Barcelona bukanlah sesuatu yang menjadi rahasia lagi bagi publik. Saya pikir kami merupakan salah satu dari beberapa klub yang mempunyai permainan seperti itu, namun setiap pelatih pasti punya sistem yang berbeda dan akan menerapkannya jika dia merasa cocok,” ujar Messi dikutip agen bola terpercaya 365liga dari situs resmi klub.

“Kami akui tidak ada perubahan besar yang terjadi, tetapi ada sedikit perubahan. Bersama Luis saat ini mungkin kami bermain lebih agresif ketika melakukan serangan dengan cepat. Sedangkan dibawah arahan Guardiola kami jarang melakukan serangan balik,” imbuh pemain asal Argentina itu dilansir Sky Sports.

Messi beserta Barca akan kembali bertemu dengan Guardiola, di saat berkunjung ke Etihad Stadium untuk menghadapi Manchester City di ajang Liga Champions, Rabu, 21 Nopember 2016, dini hari WIB.