Melihat Arsenal Yang Dulu Dibandingkan Sekarang, Wenger Merasa Bangga

365LIGA ARSENE WENGERArsene Wenger kini tengah dilanda dengan tekanan yang sangat besar dan juga tuntutan untuk tinggalkan Arsenal. Pelatih asal Prancis ini dinilai sudah tidak mampu lagi membawa Arsenal bersaing dengan tim-tim kuat di Premier League.

Wenger sudah 20 musim melatih Arsenal. Usai datang pada awal tahun 1996/1997, Arsenal pada saat itu tengah mengalami periode yang tidak begitu sukses.

Gelar Premier League terakhir yang diraih olehnya pda musim 1990/1991. sementara itu gelar terbaru ialah Piala Liga Inggris dan Piala FA pada musim 1992/1993. Hanya butuh satu musim , Wenger langsung bisa memberikan gelar ganda dalam musim keduanya dengan meraih gelar Premier League dan juga FA Cup pada tahun 1997/1998.

Sembilan tahun pertama dilalui oleh Wenger dengan penuh kesuksesan. Ia merengkuh total 3 gelar liga dan 4 gelar FA Cup dalam periode tersebut. Tetapi kondisinya pun menjadi sangat sulit sesudahnya.

Seiring dimulai pembangunan Emirates Stadium pada musim 2004, yang juga resmi di buka pada musim 2006, Arenal mesti menjalani bertahun-tahun selanutunya dengan menjalani pengetatan pengeluara. Hingga kemudian utang itu pun diumumkan sudah lunas pada musim 2014, Arsene Wenger tidak dapat bergerak dengan leluasa dalam bursa transfer.

Arsenal pun cenderung menjual para pemain terbaik mereka untuk bisa mendapatkan dana yang segar. Hal itu tersebut tentu saja dapat berpengaruh terhadap prestatsi klub. Sehingga The Gunners memalui 9 musim tanpa trofi apapun. Arsenal baru bisa mencicipi rasanya gelar lagi pada musim 2013/2014 ketika mereka sukses meraih gelar FA Cup, yang kemudian berlanjut pada musim selanjutnya.

Tetapi periode puasa gelar hingga kurang lebih dari 10 tahun terakhir itu pun membawa efek yang negatif. Ketidapuasan para fans terakumulasi. Sementara itu penampilan ARsenal yang tidak kunjung kompetitif di papan atas ataupun di Eropa yang justru menguatkan atmoster yang negatif tersebut.

Musim ini The Gunner terancam tidak bisas finis diposisi 4 besar Liga Inggris, yang artinya tidak sukses lolos ke Liga Champions. Mereka sementara mereka kini berada di peringkat ke-6 365LIGA.COM.

Wenger mengakui bahwa belakangan ini penampilan Arsenal tidak memuaskan. Tetapi jika melihat karirnya di klub ini, Pelatih berusia 67 tahun ini merasa hasilnya sangat membanggakan dan ia percaya bahwa dia bisa memaksimalkan tim dari periode susah itu, seperti yang sebelumnya.

Tugas saya ialah membuat 100% orang mearasa bahagia. Apabila Anda melihat di mana keadaan klub usai saya datang dan di mana keadaannya sekarang. saya merasa saya sudah cukup bangga dengan apa yang telah saya lakukan kepada klub ini.” ujar Wenger dikutip dari Guardian.

Saya telah memandu tim ini lewat periode yang sangat susah, dengan sumber daya yang sangat terbatas sekali. Dan saya sering sukes mengeluarkan performa terbaik klub dan itulah yang bakal saya lakukan selama saya masih melatih Arsenal Football Club,” tutup Wenger.