Juara Baru Eropa dan Gelar Pertama Untuk Portugal

PortugalEropa akhirnya memiliki juara baru mereka adalah Portugal. Untuk Portugal, Piala Euro 2016 sekaligus juga menjadi trofi internasional perdana untuk mereka dalam level senior ini. Mereka berhasil meraih kemenangan ini usai kubu Portugal berhasil mengalahkan Prancis dalam babak pertambahan waktu dengan skor tipis 1-0.

Dari sebanyak 15 edisi Piala Euro, yang sudah mulai dilaksanakan pada tahun 1960, dan Portugal yang menjadi negara yang ke-10 mampu berhasil meraih trofi ini tersebut. Spanyol dan Jerman yang sampai sekarang masih memegang rekor jaura yang paling sering mereka raih, yakni sebanyak 3 kali dengan disusul dengan timnas Prancis yang meraih sebanyak 2 kali.

Portugal yang sukses memenangan kan gelar Henry Delaunay sesudah mereka sukses menumbangkan Perancis dengan skor tipis yang diberhasil dicetak oleh Eder pada menit tambahan waktu 365LIGA.COM dengan skor 1-0. Pertandingan tersebut yang dihelat di Stadium de France, Saint Denis pada hari Minggu 10 Juli 2016 pagi hari waktu setempat.

Keberhasilan tim yang berjuluk Selecao das Quinas ini dalam turnamen Piala Euro sudah bisa dikatakan sangat konsisten dalam levet atas. Mulai dari 6 kali partisipasi mereka dalam kejuaraan ini tersebut, kubu Portugal sering mencapai hasil minimal dalam babak perempatfinal saja. Bahkan dalam debut mereka pada tahun 1984 mereka dengan cepat bisa lolos ke babak semifinal.

Portugal yang merupakan salah satu negara di Eropa dengan melahirkan banyak pemain sepakbola bintang. Namun ada satu generasi paling baik mereka ialah pada saat mereka yang pernah sukses berhasil menjadi juara pada Piala Dunia di U-20 pada tahun 1989 dan tahun 1991, yang telah memunculkan sejumlah nama-nama pemain bintang yakni, Luis Figo, Vitor Baia, Rui Costa, Joao Pinto Fernando Couto, Abel xavier, Ricardo Sa Pinto, Maniche, Sergio Conceicao, Pualeta, Nuno Gomez dan lain-lainnya.

Mereka pun selalu memenangi turnamen antar negara dalam level Junior. Misalanya seperti Tim nasional U-19 mereka merupakan juara Euro pada tahun 1961, tahun 1994, dan juga pada tahun 1999. Pada tahun 2016 Portugal pun berhasil menraih juara Piala Eroap di U-17.

Walau demikian, kubu Portugal yang baru kali ini meraih juara dalam turnamen besar untuk leve Senior. Dalam turnamen Piala Dunia, pencapaian palinh baik mereka ialah berhasil melaju hingga ke babak semi final hanya 2 kali, yaitu usai pada tahun 1966 dan tahun 2006.