Ini Alasan The Blues Memilih Antonio Conte

365LIGA ANTONIO CONTE

Sesuai laporan yang diberikan, pihak klub Chelsea resmi menunjuk Antonio Conte untuk menjadi pelatih baru mereka di musim depan dengan menggantikan posisi Guus Hiddink. Eks arsitek Juventus tersebut dikontrak pihak klub Chelsea selama tiga tahun.

Terdapat beberapa alasan kenapa The Blues lebih memiliki pelatih timnas Italia itu dan bukan pilih pelatih lainnya, seperti pelatih Manchester City yang memiliki nama lengkap Manuel Pellegrini tersebut atau manajer Massimiliano Allegri dari Juventus. Seperti yang diketahui, setidaknya terdapat tiga alasan yang membuat The Blues tertarik untuk mendatangkan Conte.

Menurut Direktur Chelsea, yakni Marina Granovskai, tiga alasan tersebut yaitu kesediaan pelatih untuk bergabung, menyangkut reputasi atau kualitas, serta pihak klub yakin dengan kemampuan yang dimiliki oleh pelatih. Mengenai kesediaan pelatih, Marina menyatakan bahwa pihak klub memang tengah mencari seorang pelatih yang bersedia menandatangani perjanjian sebelum musim 2015-2016 ini berakhir.

“Bisa mendapatkan jasa servis salah satu pelatih yang sangat disegani dalam dunia sepakbola, kami merasa sangat senang. Kami pun senang lantaran mampu mencapai kesepakatan bersama sebelum musim 2015-2016 berakhir,” ucap Granovskai memberikan komentar.

Pengakuan soal kemampuan Conte pun disampaikan oleh salah satu pihak manajemen Chelsea, yakni Bruce Buck. Ia mengatakan bahwa sangat terkesan dengan catatan impresif Conte yang didapatkan ketika menjalani karier sebagai pesepakbola maupun pelatih klub.

“Kami sangat menantikan kehadiran Conte di stadion Stamford Bridge sebab kami percaya bahwa dirinya bakal membawa klub ini meraih hasil yang lebih baik lagi,” ujar Buck mengomentari.

Soal keberhasilan dalam melatih klub, Conte memang telah meraih sejumlah prestasi gemilang sehingga kemampuannya sudah tidak perlu diragukan. Conte sendiri memulai karier sebagai pelatih klub sepakbola dengan melatih klub kelas rendah, yakni pihak klub Arezzo serta Bari. Dirinya berhasil membawa Bari menembus ke ajang kompetisi Serie A di musim 2009-2010.

Usai sempat menangani pihak klub Siena dan Atalanta, Conte kemudian melatih Juventus pada tanggal 22 Mei 2011 yang lalu. Pada waktu itu, dirinya menggantikan posisi Luigi Delneri. Menurut Conte, pihak klub Juve seperti rumah keduanya. Selama menjalani karier sepakbola, ia berhasil membawa Juve meraih 15 trofi pada musim 1991 hingga 2004.

Selama menangani Bianconeri, Conte pun sukses mempersembahkan tiga gelar juara ajang kompetisi Serie A secara beruntun, serta dua trofi Piala Super Italia. Dengan torehan-torehan tersebut, dia juga diberikan kepercayaan untuk menjadi pelatih tim nasional Italia pada tanggal 14 Agustus 2014 lalu. Dalam kepeltihannya, Italia menembus ke ajang Piala Eropa musim 2016 tanpa mengalami kekalahan sekalipun dalam sepuluh laga di babak kualifikasi.