Guardiola Tidak Akan Menurunkan Toure Sebagai Bek Sentral

agen sbobetPelatih Manchester City, Pep Guardiola membantah bahwa dirinya akan menempatkan Yaya Toure di posisi bek sentral. Eks manajer Bayern Munich itu mengatakan Toure lebih efisien bermain sebagai gelandang di barisan tengah.

Spekulasi mengenai Toure yang akan diposisikan di sentral pertahanan mencuat setelah The Citizens kehilangan salah satu bek andalannya, Vincent Kompany karena mengalami cedera di bagian lututnya. Akibat cedera tersebut, Kompany diperkirakan bakal menepi selama empat sampai enam pekan untuk menjalani masa pemulihan.

Cederanya pemain bertahan asal Belgia itu membuat City hanya mempunyai persedian dua bek sentral murni, yakni John Stones & Nicolas Otamendi, serta ada Alesandar Kolarov sebagai opsi tambahan yang sewaktu-waktu dapat digeser untuk bermain sebagai bek sentral, meski posisi aslinya adalah sebagai bek kiri. City sendiri diketahui punya jadwal yang cukup padat dalam kurun waktu beberapa pekan mendatang.

Meski demikian, Guardiola menyatakan tidak punya rencana untuk memasang Toure di lini pertahanan dan memainkannya sebagai bek sentral. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu mengaku selain Kolarov, Stones dan Otamendi masih ada pemain lain yang bisa diturunkan sebagai bek tengah.

“Yaya dapat bermain di berbagai posisi, namun saya merasa kami masih punya beberapa pemain yang bisa diturunkan sebagai bek sentral,” ucap Guardiola menjelang pertandingan melawan Burnley.

“Dia pernah menempati posisi itu ketika bermain untuk Barcelona saat menghadapi Manchester United di partai final ajang Liga Champions, karena di sana kami mendapat banyak masalah. Saat itu tim kami tidak punya persedian pemain. Dia tampil sangat bagus,” imbuh Guardiola.

“Yaya lebih cocok bermain di lini tengah dan berperan memberi umpan ke depan, membuat gol dan membantu serangan dari lapangan tengah,” ujar Guardiola dikutip agen sbobet 365liga.

“Tidak menutup kemungkinan hal itu bisa saja terjadi, namun saya masih punya beberapa pemain lain, seperti Fernandinho atau Bacary Sagna yang juga bisa menempati posisi tersebut. Kita harus terus mengingat kala berlaga di markas Crystal Palace. Setelah absen enam pekan akibat cedera, Bacary melakoni laga perdananya sebagai bek tengah untuk menggantikan posisi Kompany yang ditarik keluar dan dia tampil oke. Jadi kami masih mempunyai beberapa opsi,” tutur Guardiola kepada Soccerway.

Setelah sempat menepi selama beberapa pekan, Toure akhirnya kembali diturunkan oleh Guardiola di laga pekan lalu. Pemain berkebangsaan Pantai Gading tersebut langsung membuat dua gol sekaligus sebagai pahlawan bagi kemenangan City.