Del Bosque Mempersilahkan Penerus Tinggalkan Tiki-Taka

365ligavicente

SIARAN LANGSUNG LIGA SPANYOL – Vicente Del Bosque, pelatih tim nasional Spanyol, mengakui tak keberatan jika timnas Spanyol menanggalkan gaya bermain tiki-taka dalam asuhan manajer baru. Dengan taktik nan menekankan dalam penguasaan bola, serta operan dari para pemain, pelatih asal Spanyol ini telah memberikan keberhasilan untuk timnas Spanyol. Skuad La Furia Roja berhasil meraih gelar juara Piala Dunia tahun 2010, serta Piala Eropa tahun 2012.

Gaya itu terancam sangat luntur ketika tongkat estafet manajer berpindah ke tangan Joaquin Caparros, yakni kandidat kuat manajer timnas Spanyol. Da lebih identik karena dengan taktik melakukan umpan panjang ketika dirinya mengasuh klub Atletic Bilbao, serta Levante. Cuma Del Bosque tak mau mencampuri keputusan soal taktik suksesornya.

“Setiap manajer melihat cara bermain sepakbola dengan cara nan berbeda. Apa nan benar dalam pangdangan aku belum tentu bisa sama dengan pelatih yang berikutnya.” Ungkap Del Bosque.

“Manajer baru mesti diberikan kebebasannya untuk menentukan apa nan cocok untuk timnas Spanyol.” Kata pria berumur 61 tahun itu.

Saat ini, kursi kepelatihan tim nasional Spanyol masih saja menjadi pemilik bagi Del Bosque. Dirinya bakal mundur seusai kontraknya berakhir pada tanggal 31 Juli yang akan datang nanti. Sejumlah media telah mengklaim dengan Caparros merupakan kandidat yang pertama bagi timnas Spanyol. Selain Caparros, juga ada Albert Celades, Julen Lopetegui, serta Paco Jemez.

Sang pelatih sempat juga menyarankan federasi sepakbola Spanyol untuk bisa mempertimbangkan pelatih Pep Guardiola. Bersama pelatih asal Spanyol itu, mereka diyakinkan bisa meredamkan sentimen yang negatif kepada Catalonia. Namun itu, Guardiola ketiak ini telah terikat dengan kontraknya bersama Manchester City.