Bukan Pekaka Bagi Portugal, Jika Kalah pada Laga Perdana

365ligaportugal

PASARAN TARUHAN BOLA PIALA EROPA 2016 – Bukan sebuah masalah yang besar bagi tim nasional Portugal apabila mereka harus menelan kekalahan dari timnas Islandia dalam laga perdana fase grup F di Piala Eropa 2016, yang berlangsung di Stadion Stade Geoffroy Guichard, pada 15 Juni 2016, hari rabu. Sejarah telah membuktikan, skuad A Seleccao das Quinas justru bisa melangkah yang lebih jauh apabila mereka harus menelan kekalahan dalam laga perdana. Hal itu terlihat dalam ajang Piala Eropa tahun 2004 dan tahun 2012 lalu.

Pada Piala Eropa tahun 2004, timnas Portugal mengawali kompetisi antar negara ini dengan kekalahan dari timnas Yunani dengan skor 1-2. Kemudian itu, mereka berhasil meraih kemenangan dalam dua pertandingan sisa seusai itu langsung berhasil menduduki puncak klasemen akhir Grup A Piala Eropa 2004.

Tren positif timnas Portugal berlanjut juga dalam babak perempat final, serta juga semifinal kembali menelan kekalahan dari Yunani dalam pertandingan puncak. Cerita yang berulang berselang delapan tahun ini. Pada era kepelatihan Paulo Bento, Portugal juga harus menelan kekalahan dari tim raksasa dunia, yakni Jerman, dengan skor 1-0, dalam laga perdana, kemudian mereka sukses meraih dua kali kemenangan dalam babak fase grup Piala Eropa 2012.

Kemudian itu, langkah mereka baru terhenti dalam babak semifinal saat dikalahkan timnas Spanyol. Mereka pun gagal untuk mendapatkan tiket lolos ke dalam babak delapan besar. Kendati demikian, skuad La Furia Roja juga lantas meraih gelar juara Piala Eropa 2012 lalu.

Dengan kisah tahun 2004 dan tahun 2012 ini tak lantas mengispirasikan Fernando Santos nan ketika ini merupakan pelatih timnas Portugal. Dalam pandangan pelatih berusia 61 tahun tersebut, kemenangan dalam laga perdana merupakan barang yang mutlak untuk bisa mengukir prestasi tim dan para pemain.

“Tak perlu mengungkapkan kami juga ingin terus meraih kemenangan dan prestasi dalam ajang Piala Eropa 2016 ini. Kami sangat ingin bisa menjalankan setiap laga dengan target meraih kemenangan. Kami akan tetap berusaha untuk bisa raih kemenangan dalam setiap laga Piala Eropa 2016 ini.” Tutur Fernando Santos, seperti yang dilansirkan dalam situs resmi UEFA.