Belgium Kehilangan Pemain Andalan Mereka di Barisan Belakang

Jan VertonghenPiala Euro 2016 akhirnya berkahir bagi Jan Vertonghen. Pemain belakang dari timnas Belgia ini mengalami cedera di engkel yang akhirnya membuat dirinya tidak akan dapat memperkuat timnya di sisa laga turnamen itu.

Arsitek timnas Belgia, yakni Marc Wilmots pun mengatakan bahwa pemainnya itu mengalami cedera pada saat menjalani sesi latihan pada hari Kamis 30 Juni 2016 di waktu setempat. Bagian engkel kiri Jan Vertonghen terkilir ketika menerima bola.

Vertonghen absen dalam laga Piala Eropa seterusnya. Piala Eropa pun telah berakhir bagi dirinya, engkelnya sudah terkilir usai menjalani latihan,” ungkap Wilmots seperti yang dikutip oleh Reuters.

Saya baru saja ingin meniup peluit dengan mengakhiri latihan CHAMPION PIALA EROPA 2016, ia menerima bola di hadapan saya dan kemudia di jatuh dengan memegani engkel kirinya,” sambung Wilmots.

Sesudah dilaksanakan pemindaian, akhirnya diketahui bahwa ligamen Vertonghen sudah robek. Wilmots juga memprediksikan bahwa Vertonghen membutuhkan waktu selama 2 bulan untuk bisa pulih kembali.

Akan membutuhkan waktu 6 atau 8 minggu untuk bisa pulih kembali. Itu merupakan sebuah kecelakaan yang terjadi di pagi ini pada menit akhir menjalankan latihan,” ungkap Wilmots.

Sayang sekali, takdir yang memutuskan kalau ia mesti absen sebab melakukan sesuatu yang telah kami lakukan sebanyak 10.000 kali, ligamennya robek dan engkelnya terkilir.

Vertonghen menjadi pemain yang penting untuk Belgia di barisan belakangan. Bek yang kini berusia 29 tahun ini selalu bermain dalam 4 pertandingan di Piala Euro 2016 sejauh ini dan juga membantu Belgia mencatatkan 3 clean sheet.

Cederanya Vertonghen pun menambah masalah untuk Belgia di barisan belakangan jelang pertandingan di babak perempatfinal melawan timnas Wales, hari Sabtu pagi nanti. Karena Thomas Vermaelen juga tidak dapat bermain karena terkena akumulasi kartu.

Dia telah menjalani laga dengan sangat baik. Dia merupakan salah satu pemain yang hebat, seorang pemimipin di barisan belakangan dengan Vincent Kompany dan juga Vermaelen, tetapi sekarang pemain yang lain mesti mengambil posisinya,” tutur Wilmots.

Untuk mengisi barisan belakngan Belgia, Wilmots kemungkinan besar bakal memainkan pemain tengah berusia 21 tahun, yakni Jason Denayer, di posisi jantung pertahanan dengan Jordan Lukaku yang menjadi kandidat di posisi bek kiri dengan pimpinan dari Toby Alderweireld.