Barcelona Menang Atas Man City Bukan Karena Kegagalan Aguero

365liga

Tim raksasa Eropa, Barcelona, berhasil menaklukkan Manchester City dengan skor 1-0, pada laga babak 16 besar leg kedua di Liga Champions, 19 maret 2015, kamis dini hari. Dengan kemenangan tipis, gol tunggul yang dicetak oleh Ivan Rakitic di pertandingan ini agar mengubah skor pada agregat kemenangan skuad besutan Luis Enrique menjadi 3-1.

Meskipun sudah menang dalam agregat, skuad La Blaugrana tetap saja mengambil inisiatif untuk melakukan serangan dan tekanan ke arah tim tamu pada babak pertama. Bahkan pada saat pertandingan baru berjalan sekitar lima menit, Neymar juga hampir saja membuka keunggulannya. Sayangnya, bola hasil dari tembakan bomber asal timnas Brazil tersebut masih membentur dengan tiang.

Dengan tidak sia-sianya, tim tuan rumah akhirnya berhasil di menit yang ke-31. Bomber asal Argentina, Lionel Messi yang melambungkan bola itu serta langsung diterima oleh Ivan Rakitic nan masuk dari arah kiri lapangan tersebut. Kemudian Hart mencoba untuk maju agar bisa menutup ruangan tendangannya, tetapi pemain asal Swiss tersebut melangkah lebih cepat serta langsung mengarahkan bol tersebut ke arah kiri gawang tersebut.

Dengan keunggulan total agregat 3-1 tidak lantas untuk menyurutkan ancaman dari tim besutan Luis Enrique. Sebelum wasit meniup peluit panjang yang menjelang babak pertama berakhir, Suarez juga lolos dari tim barisan pertahanannya City serta langsung melakukan tendangan dari luar jangkauang sang kiper tim tamu. Lagi-lagi, skuad The Citizens sempat diselamatkan dengan tiang gawangnya lagi.

Setelah turun minum, situasi tetap tidak berubah. Tim tuan rumah masih saja mendominasi permainan pada laga tersebut. Bahkan, jala tim tamu kembali lagi bergetar oleh tendangan dari bintang Brazil tersebut lagi di menit yang ke-71. Namun itu, hakim garis yang mengangkatkan benderanya dengan tanda pemain asal Brazil tersebut melakukan tendangan itu sedang dalam posisi offside.

Lima menit kemudian, skuad The Citizens mendapatkan sebuah harapan untuk membalas, akibatnya pelanggaran dari Javier Macherana dengan Sergio Arguero. Dengan nama yang terakhir bisa maju sebagai kepercayaan oleh sang manajer, Manuel Pellegrini, tetapi tendangannya masih mampu di tahankan oleh sang kiper Barca, Marc Andre Ter Stegen.

Kegagalan tendangan titik putih Aguero langsung menyisakan oleh catatan sendirinya. Inilah yang pertama kalinya The Citizens gagal melakukan tendangan titik putih pada laga Liga Champions seusai berhasil pada delapan kali kesempatan yang sebelumnya.

Kendali tersebut kembali lagi ke Barca. Menit terakhir sebelum laga itu berakhir, La Blaugrana kembali lagi mendapatkan kesempatan, dengan situasi empat melawan dua pemain pada pertahanan The Citizens. Bintang asal Brazil tersebut langsung mengirimkan bola kepada bintang asal Argentina. Sayangnya, usaha sang pemain tersebut masih bisa ditahankan oleh kiper City. Hingga peluit yang berbunyi panjang, skor masih tetap dan tidak berubah. Tim besutan Luis Enrique pun dapat meraih tiket untuk masuk ke babak selanjutnya.

Menurut catatan SIARAN LANGSUNG SEPAKBOLA 365 LIGA, Barca menguasai bola sebanyak 59 persen dan melakukan 11 kali tendangan titis dari 20 kali percobaan. Sementara itu, The Citizens hanya melakukan empat kali tendangan akurat dari tujuh kali usahanya.